Ad Code

Responsive Advertisement

Antisipasi Tahanan Kabur, Kanit Lantas Polsek Rungkut Polrestabes Surabaya Cek Tahanan

http://ift.tt/2uIe7yp

IMG-20170710-WA0026

Polrestabes Surabaya (10/07/2017) : Sebagai antisipasi kerawanan timbulnya aksi tahanan selama berada di dalam rutan Mapolsek Rungkut Polrestabes Surabaya, Kanit Lantas Polsek Rungkut AKP Hadi Waluyo saat sebagai Pawas, didampingi Panit Reskrim Ipda Matturi, dan KSPK Aiptu Sutono melakukan pengecekan tahanan dan ruangan bersama anggota di Rutan Mapolsek Rungkut.

Hal tersebut dilakukan karena aksi terjadinya kerawanan dari tindakan tahanan bisa terjadi sewaktu-waktu. Untuk itu sebagai antisipasi kemungkinan adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Pengecekan tahanan secara fisik dan ruangan harus rutin dilakukan.

Baik saat serah terima tugas dan tanggung jawab penjagaan, maupun pengecekan tahanan secara bertahap setiap jam ataupun setiap saat wajib dilakukan, agar aktifitas tahanan selama berada di Rutan selalu terpantau dan termonitor aktifitas sehari-harinya.

Walaupun sudah adanya CCTV namun pengecekan secara langsung juga selalu dilakukan, baik kondisi fisik masing-masing tahanan maupun ruangan didalam rutan karena sudah merupakan protap yang wajib dan harus selalu dilakukan.

Selain melakukan pengecekan kondisi tahanan, Kanit lantas bersama anggota juga melakukan pemeriksaan didalam lokasi ruang tahanan, beberapa tempat diruang tahanan yang dimungkinkan sebagai celah tempat persembunyian penyimpanan barang-barang milik tahanan dan berada didalam rutan.

Semua diperiksa satu persatu, dan hasilnya nihil tidak ditemukan barang-barang milik tahanan seperti korek, rokok, HP maupun berbagai obat-obatan tidak ditemukan berada didalam rutan Mapolsek Rungkut, semua saat diperiksa dinyatakan steril.

Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi timbulnya kerawanan dari aksi tahanan selama berada didalam rutan.

Selain melakukan pemeriksaan fisik dari masing-masing tahanan dan ruangan, Kanit lantas juga melakukan komunikasi dengan memberikan arahan dan bimbingan kepada tahanan, agar tahanan tidak berulah, baik berkelahi antar sesama tahanan, atau mencoba bunuh diri ataupun hingga tidak men coba-coba untuk melarikan diri dari Rutan Mapolsek Rungkut.

Tahanan juga dihimbau agar selama berada didalam rutan Mapolsek Rungkut harus rajin sholat memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa, saling tolong menolong, saling mengawasi dan saling mengingatkan dengan menghibur.

Jika mengetahui ada teman sesama tahanan yang sedang mengalami sakit ataupun dalam keadaan sedang sedih agar dihibur sehingga tidak bertindak nekat hingga melakukan tindakan bunuh diri. Jalinan komunikasi dengan memberikan wawasan kepada tahanan selama berada didalam rutan sangat diperlukan.

Melalui pembinaan dan bimbingan yang dilakukan diharapkan, agar selama tahanan berada di Rutan Mapolsek Rungkut dapat insaf, menyadari atas kesalahan dari perbuatan yang telah dilakukannya, dan setelah menjalani hukuman atas putusan dari perbuatan yang dilakukan sehingga bebas nantinya dapat kembali kepada keluarga dan yang terpenting tidak akan mengulangi kembali perbuatannya.***lld

Laporan : Kasi Humas Polsek Rungkut.

Editor : Sayful.



from SurabayaRaya http://ift.tt/2uIFetu
via IFTTT

Post a Comment

0 Comments

Close Menu