Header Ads

SatReskrim Polrestabes Surabaya Bongkar Kasus Pembuang Limbah di Rusun Romo Kalisari

http://ift.tt/2vkOp2t

IMG_5732Polrestabes Surabaya 14/7/17: Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya mengamankan tiga orang yang dianggap bertanggung jawab terhadap dampak pembuangan limbah cair diduga Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di saluran air dekat Rusun Romo Kalisari. Mereka sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Sebenarnya ada empat termasuk sopir, tetapi sopir tidak tahu. Dia hanya diorder saja untuk tugas ini,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga kepada wartawan di Depo Indra Jaya Swastika di Jalan Kalianak 57A, Jumat (14/7/2017).

Tiga orang tersangka adalah M Faizi (41) warga Bungah-Gresik, Soni Eko Cahyono (38) warga Krembangan-Surabaya dan Hadi Sunaryono (49) warga Kebomas-Gresik. Sementara sopir yang turut diamankan tapi tidak ditetapkan sebagai tersangka adalah Kris Dwi Setiawan (42), warga Tenggumung Wetan.

Shinto menerangkan, Faizi adalah orang yang menerima kontainer berisi limbah tersebut di Surabaya. Ada empat kontainer yang berisi limbah ini. Faizi kemudian menyuruh Soni untuk mencarikan lokasi untuk membuang limbah. Soni lantas menyuruh Hadi yang akhirnya mencarikan lokasi di dekat Rusun Romo Kalisari sebagai tempat membuang limbah tersebut. IMG_5811

“Limbah tersebut ditampung di dalam tandon plastik sebanyak 20 ton. Tandon itu dimasukkan ke kontainer,” kata Shinto.

Limbah tersebut lalu dibawa ke lokasi dan dibuang di saluran air yang mengalir ke laut. Tiga orang tersangka ditangkap di lokasi karena mereka turut serta saat membuang limbah itu. “Tiga tersangka ini kami amankan di lokasi,” tandas Shinto.

Limbah cair diduga Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dibuang di saluran air di dekat Rumah Susun (Rusun) Romo Kalisari, Surabaya. Bau menyengat dari limbah tersebut membuat warga rusun pingsan. Pembuangan limbah itu sebut dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (13/7). ***chm



from SurabayaRaya http://ift.tt/2vkEIB5
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.