Header Ads

Buruh Tuntut THR, Kapolsek Gubeng Pamwal Unras Di J&T

http://ift.tt/2rV1PVH

IMG_20170619_130052

Polrestabes Surabaya (22/06/2017) : Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah tindakan anarki, Kapolsek Gubeng Polrestabes Surabaya AKP Sudarto melaksanakan PAM giat unjuk rasa. Senin, 20 Juni 2017 jam 11.00 WIB.

Giat unras itu sendiri berlangsung di kantor pusat J & T komplek RMI blok D-29 Jl. Ngagel Jaya Selatan Surabaya, yang diikuti oleh eks. karyawan J&T yang didampingi SPSI, dengan Korlap Marzuki dan Aldo dengan jumlah massa 100 orang.

Kapolsek Gubeng AKP Sudarto didampingi Kanit Intelkam memfasilitasi untuk mediasi dan dilaksanakan pertemuan antara pihak perusahaan dan pihak pengunjuk rasa. Perwakilan pengunjuk rasa, Marjuki Korlap SPSI, Aldo SPSI, Saipul, Ari, Ali Putro, Rolis, Habibullah.

IMG_20170619_130651

Sementara itu, dari perusahaan sendiri yang hadir menemui dalam mediasi adalah, Hany, Mixel, Vera. Para buruh menuntut Tunjangan Hari Raya (THR) karena belum ada PHK resmi dari Pengadilan (PHI) sehingga perusahaan wajib membayar THR.

“Kapasitas kita adalah sebatas memediasi antara kedua belah pihak, antara buruh dengan perusahaan,” ujar Sudarto, Kamis (22/06).

Selain itu, buruh juga menuntut kekurangan gaji yang belum dibayar saat bekerja, minta dokumen ijazah dan BPKB dikembalikan tanpa syarat, minta agar dibayarkan gaji sisa kontrak sejak diberhentikan, dan mempertanyakan tindak lanjut himbauan dinas tenaga kerja, yang intinya agar perusahaan memberikan hak-hak karyawan.

Sedangkan dari pihak perusahaan sendiri melalui kuasa hukumnya, Hany menyampaikan bahwa, perusahaan merasa tidak berkewajiban membayar THR dan sebagainya, karena karyawan berhenti sehabis masa kontrak (Kontrak Tidak Diperpanjang).

Perusahaan melakukan PHK sepihak karena ada kesalahan dari pekerjaan sehingga perusahaan tidak berkewajiban membayar gaji sisa kontrak. Dokumen yang dijaminkan (ijazah dan BPKB) bisa diambil tanpa syarat.
Pihak pengunjuk rasa menolak tawaran perusahaan dan berjanji akan datang lagi dengan massa yang lebih banyak. Massa meninggal lokasi yang pada pukul 13.30 WIB. Kendaraan yang digunakan Roda 4 dua unit dan Roda 2 sebanyak 30 unit.

“Untuk pengamanan sebanyak 20 personil anggota Polsek Gubeng yang dipimpin Kapolsek Gubeng didampingi Kanit Intelkam. Kegiatan berlangsung kondusif dan lancar.***lld

Laporan : Kasi Humas Polsek Gubeng.
Editor : Jibril.



from SurabayaRaya http://ift.tt/2sEwvrk
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.