Header Ads

Polsek Rungkut Aktifkan Patroli Dan Binluh Dalam Menciptakan Kamtibmas Kondusif

http://ift.tt/2tjZJ1z

IMG-20170628-WA0156

Polrestabes Surabaya (28/06/2017) : Kapolsek Rungkut Kompol Dwi Heri Sukiswanto SH mengaktifkan personil untuk melakukan kegiatan patroli, baik mobile menggunakan kendaraan bermotor maupun sepeda kayuh dan jalan kaki.

Kegiatan Kapolsek Rungkut bersama Danramil patroli menggunakan sepeda motor, demikian pula anggota yang tergabung dalam Pos Ramadniya, sekaligus binluh dengan menjalin komunikasi bersama warga dan petugas satpam.

“Kegiatan patroli dilakukan dengan melintasi jalan raya maupun sambang dipemukiman warga dan memantau rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuni,” ujar Heri, Rabu (28/06).

Sementara itu, Panit Reskrim Polsek Rungkut Ipda Matturi dan anggota yang mendampingi Kanit Binmas Polsek Rungkut Akp Moch Noer Qomari melakukan patroli sepeda, memantau rumah kosong sesuai dengan perintah dan arahan Kapolsek Rungkut.

Sambil melakukan sambang warga yang dilakukan dipemukiman, di perumahan Rungkut Harapan maupun perumahan Grand City Rungkut, beberapa anggota juga disebar untuk melakukan kegiatan patroli dipemukiman lain.

“Melalui kegiatan patroli, selain sebagai tindakan preventif guna mengantisipasi kerawanan terjadinya aksi pelaku curat, curas maupun curanmor dan bobol rumah dipemukiman yang nampak masih kosong ditinggalkan penghuni, juga guna mempersempit ruang gerak pelaku dalam beraksi,” terang Matturi.

Dengan melalui aktifitas kegiatan patroli yang masih dalam suasana lebaran dimanfaatkan pula untuk sambang dan binluh sekaligus menjalin silahturahmi dengan warga agar hubungan komunikasi tetap terjalin harmonis.

“Dalam rangka Harkamtibmas, melalui jalinan komunikasi, warga juga dihimbau, diingatkan agar selalu waspada dan hati-hati, terutama saat keluar bepergian meninggalkan rumah, karena kerawanan dan timbulnya aksi kejahatan bisa terjadi sewaktu-waktu,” lanjut Matturi menuturkan.

Warga juga diingatkan untuk menjaga diri sendiri maupun kejahatan dengan sasaran rumah kosong, karena rumah tanpa pengawasan, akan menjadi sasaran pelaku kejahatan, untuk itu kewaspadaan sangat diperlukan agar warga tidak menjadi korban.

“Salah satu antisipasi yang bisa dilakukan adalah seperti sebelum meninggalkan rumah, diharapkan agar terlebih dahulu memeriksa dan mematikan aliran listrik, aliran air PDAM maupun gas yang tidak difungsikan, pintu rumah maupun jendela, juga agar dicek, berikut pagar rumah saat ditinggal,” urai Matturi.

Selain itu juga warga diingatkan agar dikunci, berikan pula kunci ganda pada kendaraan yang ditempatkan parkir dirumah, saat bepergian meninggalkan rumah juga agar memberitahukan kepada tetangga terdekat atau pengurus kampung dan tinggalkan nomor telepon yang mudah dihubungi dan yang terpenting, saat rumah ditinggalkan tidak nampak menunjukkan tanda-tanda jika rumah yang ditinggalkan kosong.

“Dengan melalui aktifitas dan kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat tercipta situasi kamtibmas kondusif terkendali,” pungkasnya.***lld

Laporan : Kasi Humas Polsek Rungkut.

Editor : Jibril.

 



from SurabayaRaya http://ift.tt/2tk7Efl
via IFTTT

No comments

Powered by Blogger.